5 Pembangunan Mega Proyek yang Mengerikan di Dunia

Sebagai bangsa Indonesia dan pastinya masing- masing dari kita sudah mempelajari sejarah Indonesia, pastinya kalian sudah tahu apa itu kerja rodi. Kerja rodi adalah salah satu sistem kerja paksa yang mana para pekerja tersebut tidak dibayar sepeser pun. Selain itu, pada saat penjajahan dari Jepang di Indonesia terkenal pual istilah Romusha yang memiliki karakteristik hampir sama seperti kerja rodi.

Para pekerja tidak dibayar sepeser pun mengenai pekerjaan yang sudah mereka lakukan. Saat ini sistem kerja paksa seperti contoh- contoh tersebut telah dilarang oleh International Labour Organisation (ILO). Tetapi, hal ini masih tidak menutup kemungkinan masih ada sistem kerja paksa yang berlaku saat ini, hanya saja dengan kemassan yang lebih modern. Untuk menambah referensi anda, ini disajikan mengenai beberapa macam kerja paksa pada pembangunan mega proyek yang masih ada saat ini.

Berikut beberapa pembangunan kerja paksa dari mega proyek saat ini

  1. Piala Dunia 2022

Salah satu ajang dan acar terbesar didunia mengenai dunia persepak bola adalah Piala Dunia. Banyak kalangan yang pastin ya sudah mengetahuinya. Tetapi, ada yang perlu anda ketahui mengenai persiapan piala dunia 2022 nanti. Banyak yang telah melaporkan bahwa ternyata sudah ada 1200 buruh pekerja konstruksi stadion- stadion di Qatar ini telah meninggal dunia akibat persiapan piala dunia 2022 nanti.

  1. Ryugyong Hotel

Ryugyong Hotel ini terletak di Korea tepatnya. Siapa sangka bangunan hotel super mewah ini yang memiliki tinggi berkisat 150 lantai dengan bentuknya piramida megah yang mendominasi pemandangan indah di Pyongyang, ibu kota Korea Selatan ini ternyata memakan banyak korban dalam proses pembangunannya. Entah sudah berapa banyak buruh yang meninggal akibat kediktatoran pemimpinnya sendiri.

  1. Jalan Raya Karakoram

Ya, jalan raya Karakoram ini terletak di Cina. Jalan raya ini juga dikenal sebagai jalan tol persahabatan di Cina. Jalan ini menghubungkann China dan Pakistan untuk melintasi pegunungan dan merupakan salah satu jalan beraspal tinggi internasional di dunia saat ini. Tidak hanya itu, jalan ini juga dianggap sebagai salah satu dari 9 keajaiban dunia. Jalan raya ini memiliki ketinggian sekitar 4.693 meter dan dalam kondisi jalan yang sangat sulit. Dalam menyelesaikan ini, diperkirakan ada sebanyak 1.300 pekerja yang tewas untuk menyelesaikan jalan ini. Jalan ini dibangun sekitar 1959 dan 1978.

  1. Bendungan Aswan

Pada tahun 1970 di Mesir, bendungan Aswan ini dibangun sebaga satu-satunya bendungan tanggul yang ada di Sungai Nil. Mega proyek ini dibangun untuk menanggulangi banjir, menyediakan air untuk irigasi serta sebagai pembangkit listrik tenaga air. Akibat manajemen yang salah, diperkirakan ada sekitar 500 pekerja yang meninggal karena pengerjaan proyek ini. Dalam hal ini, kondisi keselamatan dalam proyek ini terbulang kurang aman sehingga banyak yang meninggal.

  1. The White Sea

Yang terakhir adalah kanal kapal di Rusia yang dikenal dengan nama The White Sea untuk menghubungkan antara Laut Putih dengan Danau Onega dan juga ke Laut Baltik. Diperkirakan buruh yang meninggal ketika pelaksanaan proyek ini sebanyak 100.000 orang. Wah, angka yang sangat fantastis !

Baiklah, sekian info mengenai mega proyek yang sangat mematikan di dunia. Semoga bermanfaat.

5 Pembangunan Mega Proyek yang Mengerikan di Dunia

One thought on “5 Pembangunan Mega Proyek yang Mengerikan di Dunia

  • July 29, 2018 at 3:32 pm
    Permalink

    iah ini ngeri sekali gan belujm pada selesai semua pengerjaannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *