7 Mega proyek Indonesia yang di Intai Jepang

Indonesia memang tengah membangun banyak proyek proyek infrastruktur untuk meningkatkan kualitasnya. Dalam hal ini, pihak pemerintah Jepang mengatakan ingin berkontribusi untuk turut memberikan bantuan kepada Indonesia agar pelaksanaan Mega proyek lebih cepat. Keinginan ini telah disampaikan oleh Hiroto is Umi, staf khusus perdana menteri Jepang bidang infrastruktur secara langsung kepada presiden Joko Widodo pada 2017 yang lalu.

Jepang sendiri mengatakan bahwa ingin membantu proyek proyek besar yang ada di Indonesia, misalnya proyek Pelabuhan Patimban. Jepang mengutarakan keinginannya agar proyek ini dapat segera diselesaikan agar pada bulan Maret 2019 mendatang dapat segera dioperasikan. Maka dari itu, selain menawarkan pinjaman untuk mempercepat pembangunan pelabuhan, Jepang juga bersedia untuk memberikan bantuan berupa pembiayaan akses tol yang menuju ke arah pelabuhan Patimban ini.

Proyek yang kedua yaitu proyek kereta Jakarta Surabaya. Namun dalam hal ini, pihak pemerintah Jepang masih menunggu kepastian yang akan diberikan oleh pemerintah Indonesia. Saat ini Indonesia masih membuat studi kelayakan atas baik yang akan dilangsungkan tersebut. Pemerintah Indonesia sendiri juga belum memutuskan pilihan apa yang akan mereka ambil. Mereka ada tiga opsi, yaitu mereka bilitas I jalur kereta yang lama, membangun rel baru, ataupun mengubah jalur kereta dengan melewati kota Solo.

Proyek yang ketiga yaitu proyek percepatan pembangunan tol trans Sumatera. Pihak pemerintah Jepang setuju untuk memberikan bantuan dana kepada PT Hutama karya. BUMN ini memiliki tugas untuk membangun proyek ini agar segera cepat selesai. Selain proyek proyek besar itu, Jepang juga ingin menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk menyelesaikan proyek pembangunan MRT timur barat, pembangunan pembangunan pada pulau terluar dan juga terpencil yang ada di Indonesia, dan juga memperbaiki dan membangun sistem pengolahan air limbah serta pengembangan Masela.

Jepang berharap dengan bantuan yang diberikan, maka pembangunan di Indonesia akan semakin cepat. Selain itu Jepang juga ingin memberikan investasi sebab saat ini Jepang melihat potensi besar yang ada di Indonesia karena pembangunan pembangunan yang terus dilakukan, apalagi dalam bidang infrastruktur.

Jepang sendiri merupakan salah satu negara maju, sehingga Jepang memiliki banyak kesempatan untuk melihat potensi potensi dari negara berkembang saat ini, termasuk Indonesia. Keinginan Jepang untuk membuat Indonesia jelas menunjukkan bahwa Jepang melihat potensi besar yang ada di Indonesia yang jika dikelola dengan tepat, maka akan memberikan hasil yang sangat menjanjikan, baik untuk Indonesia sendiri ataupun untuk pihak Jepang.

Dengan peningkatan yang terus dilakukan, maka Indonesia Akan menjadi salah satu negara potensial untuk ladang investasi, ataupun negara yang potensial untuk diajak bekerjasama. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan pihak Indonesia, karena akan ada banyak relasi yang bekerjasama. Dengan begitu, kredibilitas Indonesia dimata dunia akan meningkat dan terus meningkat dan membuat Indonesia diperhitungkan di Kancah internasional.

7 Mega proyek Indonesia yang di Intai Jepang
Tagged on: