Beberapa ilmuwan yang direkrut dalam proyek Manhattan

Jika berbicara mengenai Proyek Manhattan pasti kebanayakan orang tidak mengetahui mengenai proyek yang satu ini. Tetapi, jika disebutkan proyek pemboman Nagassaki dan hiroshima di Jepang disaat – saat masa penjajahan Jepang di indonesia, maka semua orang akan tau mengenau hal ini. Tetapi, kalian harus tau bahwa dalam menjalankan proyek ini terdapat banyak peran para ilmuwan di dalam sana, bahkan tidak heran bahwa mereka berasal dari kalangan ilmuwan terkenal pastinya.

Bahasa resmi dari pemerintahan Amerika mengenai proyek ini adalah Manhattan Enginering District. Proyek Manhattan adalah sebuah mega proyek yang mana penelitian mengenai pengembangan senjata nuklir di masa Perang Dunia II oleh negara Amerika Serikat. Sehingga, inilah penyebab utama kenapa Amerika Serikat dan para sekutunya menang telak ketika Perang Dunia II.

Dalam menjalankan proyek yang satu ini, terdapat beberapa pendukung yng turut andil dalam proyek ini. Negara tersebut antara lain adalah kanada dan Britania Raya. Hasil dari adanya proyek Manhattan ini adalah setidaknya terdapat 3 bom nuklir yang semuanya sukses diledakkan yang salah satunya tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi yang keduanya telah memporak porandakan tempat sasaran  bahkan memakan banyak korban jiwa. Dibalik kesuksesan ini, terdapat banyak peran andil dari ilmuwan yang ikut serta.

Baca juga : 5 Mega Proyek Konstruksi Terbesar di Dunia

Berikut adalah daftar beberapa ilmuwan ayng turut serta dalam mega proyek Manhattan.

  1. Julius Robert Oppenheiner

Julius ini bisa dikatakan sebagai pemimpin dari proyek ini. Sebab, dalam Perang Dunia II dia adalah salah satu orang yang banyak turun andil dalam pimpinan program bom atom Amerika Serikat. Akibat itulah dia pun memiliki musuh yang sangat kuat setelah perang usai. Ilmuwan ini berasal dari Yahudi dan memiliki turut andil yang sangat banyak dalam pengembengan bom nuklir hingga saat ini.

  1. Enrico Fermi

Ilmuwan ini berasal dari Italia. Ilmuwan ini hijrah ke Amerika Serikat disebabkan karena tidak sejalan dengan ideologi di negaranya saat itu dan kehawatiran terhadap keselamatan istrinya sendiri yang merupakan seorang yahudi. Sama seperti ilmuwan sebelumnya, Fermi memiliki banyak andil dalam berbagai penelitian mengenai bom atom.

  1. Edward Teller

Edward merupakan salah satu ilmuwan yang memiliki turut andil yang banyak juga dalam mega proyek Manhattan. Edward juga merupakan seorang yahudi, dia pindah ke amerika karema dia menentang mengenai kebijakan Adolf Hitler saat itu mengenai kebijakan rasial. Edward Teller juga merupakan seorang bapak bom hidrogen yang juga turut andil dalam kemajuan bom atom di Amerika Serikat.

  1. Niels Bohr

Siapa yang tidak kenal dengan ilmuwan satu ini ? Niels Bohr pastinya banyak yang mengenal dia. Jika kalian para pecinta Kimia, maka kalian akan tahu dengan ilmuwan satu ini. Niels Bohr adalah salah seorang yang turut andil dalam ilmu mekanika kuantum dan struktur atom selama ini. Dia merupakan seorang Yahudi dan juga hijrah ke Amerika Serikat karena pada saat itu karena dia terancam genosida oleh orang- orang Nazi terhadap para Yahudi.

Ya, itulah beberapa nama ilmuwan ayng turut andil dalam mega proyek Manhattan. Semoga bermanfaat

Beberapa ilmuwan yang direkrut dalam proyek Manhattan
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *