Inilah Mega proyek nasional yang gagal diwujudkan di wilayah Indonesia

Pembangunan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh bagi suatu negara, terutama Mega proyek. Anda harus mengetahui bahwa Mega proyek ini menjadi salah satu pendukung yang membantu suatu negara agar dapat lebih maju. Selain dengan zaman yang semakin berkembang, syarat sarat untuk membuat negara tersebut dikatakan maju yaitu dengan melakukan pembangunan megaproyek yang akan menunjang infrastruktur terus berkembang pada negara tersebut.

Menyelesaikan sebuah Mega proyek bukanlah hal yang mudah. Banyak juga Mega proyek yang gagal untuk diwujudkan karena terbatasnya alat alat dan juga sarana pendukung lainnya.

Berikut adalah beberapa proyek, khususnya Mega proyek yang ada di Indonesia yang gagal untuk diwujudkan:

  • Lahan Gambut Sejuta Hektar

Mega proyek ini rencananya akan dibangun di daerah Kalimantan tengah.tujuh utamanya yaitu untuk mengkonversikan hutan rawa Gambut agar menjadi sawah dan membantu mempertahankan Swasembada pangan yang berada di kawasan Kalimantan tengah. Namun Mega proyek ini menimbulkan berbagai masalah dan juga membawa dampak negatif, sehingga menyebabkan keresahan dan juga permasalan di lingkungan baik sosial ekonomi ataupun lingkungan lainnya. Maka dari itu bangunannya kepala kini akhirnya tidak dilanjutkan dan berhenti.

  • Menara Jakarta

Menara Jakarta ini sempat digadang-gadang akan menjadi menara tertinggi di dunia. Rencana pembangunan nya yang terbilang heboh kini tidak Terlaksana. Awalnya, menara ini direncanakan akan dibangun di kawasan Jakarta pusat tepatnya di kawasan Kemayoran. Rencananya bangunan tersebut akan mencapai ketinggian hingga 558 m. Menara ini awalnya akan mulai dibangun pada tahun 1927, namun karena terjadi krisis ekonomi di kawasan Asia maka pembangunannya pun berhenti hingga saat ini dan juga tidak dilanjutkan karena berbagai masalah yang melanda.

  • Mobil Timor

Anda pasti pernah mendengar tentang mobil Timor ini. Sebelum mobil esemka marak, Indonesia pernah membuat mobil Timor. Mobil Timor ini bukan sepenuhnya milik Indonesia, melainkan adanya kerjasama dengan pihak KIA Korea dan Indonesia melakukan modifikasi ulang. Proyek ini pada akhirnya juga gagal karena banyaknya permasalahan yang timbul seperti krisis, politik, dan juga masalah lain. Indonesia sendiri juga tidak memiliki pabrik suku cadang yang kuat. Sehingga proyek ini hanya berjalan dalam waktu yang singkat sajadan tidak dapat dilanjutkan hingga saat ini.

  • IPTN

Di tahun 1976 lalu, BJ Habibie bersamaan dengan PT industri pesawat terbang Nurtanio memiliki gagasan tentang Mega proyek yang bernama IPTN. IPTN berubah nama menjadi Dirgantara pada tahun 2000 an. Pihak Dirgantara Indonesia sendiri memproduksi berbagai jenis pesawat dan juga helikopter, senjata, dan lainnya. Dirgantara juga memberikan jasa pemeliharaan dan juga pelatihan untuk mesin pesawat. Tetapi lama kelamaan pihak Dirgantara Indonesia tidak dapat membayar kompensasi dan juga manfaat pensiun dan jaminan hari tua kepada para karyawan yang pada saat itu perusahaan mereka dinyatakan pailit. Walaupun pada tahun 2007 keputusan pailit ini telah dicabut, namun pihak tidak antara Indonesia sendiri masih mengalami masalah keuangan yang cukup serius.

Inilah Mega proyek nasional yang gagal diwujudkan di wilayah Indonesia
Tagged on: