Mega proyek di Indonesia yang di investasi oleh China

Cina masih terus meningkatkan investasi mereka di wilayah Indonesia. Di tahun 2016 lalu, investasi langsung dari Cina mencapai angka 1,01 M dolar Amerika. Angka ini meningkat pesat dibandingkan dengan tahun 2015 yaitu hanya sekitar 160,27 juta dolar amerika.Dengan angka investasi yang terus meningkat tersebut, Cina kini menjadi salah satu investor terbesar, tepatnya menduduki posisi ketiga di Indonesia yang sebelumnya hanya menempati peringkat ke-10. Cina sendiri menyalip posisi Amerika Serikat dan juga Korea Selatan dalam hal investasi nya di Indonesia. Angka investasi ini baru 6% dari komitmen investasi Cina di Indonesia pada periode 2011 hingga 2016. Investasi terus agresif tingkatanya pada tahun 2017.

Investasi Cina di Indonesia sendiri terletak dalam berbagai sektor, mulai dari transportasi, konstruksi, perkebunan, pertambangan, dan juga Pembangkit listrik. Berikut adalah delete dan beberapa konstruksi konstruksi raksasa yang juga di investasi oleh Cina di kawasan Indonesia, dan juga yang kini tengah direncanakan:

  • Jembatan Suramadu

Jembatan ini merupakan jembatan yang paling panjang di kawasan Asia Tenggara yang menghubungkan antara pulau Madura dan juga pulau Jawa. Pembangunannya sendiri melibatkan perusahaan konstruksi Cina Dari Cina. Dengan dana yang dihabiskan sekitar 4,5 T, jembatan Suramadu kini telah menjadi salah satu alternatif wisata terbaru di kawasan Surabaya. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan membutuhkan waktu kurang lebih tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Bangunan ini terdiri dari susunan 430 ribu ton Beton dan juga 50 ribu ton baja dari segi material.

  • Bendungan Jatigede

Bendungan ini sekatang di kawasan Sumedang, Jawa barat. Kurang lebih 90% dana pembangunan untuk bendungan ini didapat dari bank Exim Cina. Terdapat 17 desa yang terkena dampak karena dilakukan penenggelaman sekitar 5 ribu ha untuk memenuhi pengakhiran sebesar 90 ribu ha pertanian.

  • Industri kelapa sawit

Julong Group merupakan salah satu perusahaan yang konsentrasinya dalam bidang perkebunan. Perusahaan ini secara komprehensif merupakan salah satu rantai hulu Hilir industri minyak kelapa sawit yang ada di Indonesia. Kapasitas produksinya saat ini mencapai sekitar 3 juta ton per tahunnya. Dengan pendapatan yang melebihi 2 milyar dolar Amerika dari asal 200 ribu ha lahan.

  • Kawasan pengolahan stainless

Kawasan bangunan ini telah selesai pada awal tahun 2018 dibangun pada kawasan industri Indonesia Morowali, proyek yang menggunakan biji krom, biji nikel, dan juga batubara untuk menjadi produk akhir yaitu stanless. Totalitas yang diberikan oleh Cina mencapai 4 milyar dolar amerika.

Itulah beberapa proyek proyek besar yang didalamnya terdapat investasi dari negara Cina. Cina tidak hanya memberi investasi dana saja, melainkan juga investasi lain dalam bentuk tenaga kerja. Dengan adanya investasi dari Cina, beberapa proyek besar yang di laksanakan di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Namun alangkah baiknya jika ke depannya Indonesia dapat mendanai sendiri ayahnya agar tidak terus tergantung dengan investasi dari negara lain dalam membangun segala infrastruktur yang dibutuhkan.

Mega proyek di Indonesia yang di investasi oleh China
Tagged on: