Rencana-Rencana Gagal dalam Pembangunan Gedung Pencakar Langit di Jakarta

Kita sudah banyak mengetahui bahwa ada suatu mega proyek di Jakarta yang sampai saat ini tidak terealisasikan. Idenya yang sangat luar biasa dan mencengangkan tapi sayangnya tidak terwujud. Ya, salah satunya adalah ide mega proyek berupa adanya bangunan gedung pencakar langir yang dilihat dari namanya pun sudah terbayang bahwa gedung ini akan memiliki ketinggian yang amat tinggi dengan istilahnya sang pencakar langit.

Alasan kenaoa mega proyek ini dibatalkan ternyata belum diketahui smapai saat ini dan bahkan masih terbilang simpang siur, bisa saja hanya untuk menarik perhatian selama ini sempat teralihkan. Ternyata, rencana untuk membangun gedung pemcakar langir di Ibukota Indonesia sendiri ada banyak macamnya. Bahkan sejauh ini diperkirakan ada belasan bahkan puluhan bangunan yang gagal dibangun.

Total bangunan pencakar langit di Ibu kota Jakarta saat ini sudah mencapai kurang lebih sebanyak 600 gedung. Yang menarik dan tentunya jadi pusat perhatian adalah ternyata ketinggian dari berbagai gedung pencakar langit yang dicanangkan tersebut diperkirakan ingin dibentuk dengan ketinggian berkisar antara 300 – 400 meter. Tapi, sampai saat ini belum ada satupun gedung pencakar langit dengan ketinggian sejauh itu. Sehingga proyek ini dan sampai saat ini hanyalah sebuah proyek yang hanya berupa gagasan dan tinggal kenangan saja.

Berikut ini adalah beberapa refrensi mengenai macam- macam gedung pencakar langit yang nyatanya sampai sekarang belum terealisasikan untuk dibangun di Jakarta.

Beberapa refrensi gedung pencakar langit yang belum terealisasikan

  1. Gedung Pencakar Langit Kuningan Persadayang terletak di Kuningan. Dahulu, gedung ini rencananya akan dibangun di sekitaran daerah Kuningan dengan memiliki ketinggian sekitar 451 meter dengan 70 lantai di dalamnya. Diprediksi dahuku bahwa gedung ini akan selesai pada tahun 1988, tapi sampai sekarang belum direalisasikan.
  2. Gedung Pencakar Langit Sudirman office dan Ritz Carlton Hotel, pada awalnya bangunan ini akan diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 427 meter dengan memiliki 81 lantai di dalam gedung tersebut. Tetapi, sama seperti nasib lainnya, gedung ini juga gagal direalisasikan.
  3. Gedung Pencakar Langit Sampoerna tower II atau Conrad International Center, pada awalnya gedung ini akan dibangun setinggi 130 meter dengan memiliki 36 tingkatan lantai di dalam gedung tersebut.
  4. Gedung Pencakar Langit Sampoerna Tower I atau Conrad International Center, sama seperti rencana pembangunan gedung yang senama dengannya yaitu ingin memiliki ketinggian sekitar 130 meter dengan 36 tingkatan langkai juga didalamnya. Dala m hal ini, nasib gedung ini sama seperti kembaran nama gedung dengannya. Yah, sama-sama tidak terealisasikan secara nyata dan hanya gagasan.
  5. Gedung Pencakar Langir Dragon Tower, bangunan ini awalnya direncanakan memiliki ketinggian 422 meter dengan jumlah 101 lantai didalamnya.
  6. Gedung Pencakar Langit Signature Tower, rancangan bangunan ini awalnya direncanakan memiliki ketinggian sekitar 313 meter dengan jumlah 75 lantai di dalamnya.
  7. Gedung Pencakar Langir Menara Kencana Tower I (Menara Kencana), awalnya rancangan pada bangunan ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 280 meter dan jumlah lantainya yaitu 67 lantai.

Ya, itulah beberapa referensi mengenai gagalnya pembangunan gedung pencakar langit di Jakarta.  Jangan lupa untuk membagikan pengalaman artikel ini kepada sodara, teman dan bahkan keluarga anda sendiri yah.

Rencana-Rencana Gagal dalam Pembangunan Gedung Pencakar Langit di Jakarta

One thought on “Rencana-Rencana Gagal dalam Pembangunan Gedung Pencakar Langit di Jakarta

  • July 29, 2018 at 3:41 pm
    Permalink

    akh udah banyak korupsinya negara anjing.. ngk bakalan maju lah goblok

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *